Misi-Misi Yang Pernah Dilakukan NASA ke Bulan

Mendarat di Mars merupakan misi yang sangat berat dan sulit. Hanya sedikit sekali kesalahan yang boleh dilakukan. Sejauh ini, lebih dari dua pertiga dari 36 misi yang diluncurkan ke planet itu mengalami kegagalan akibat komponen yang rusak, gangguan pada roket atau kesalahan lain yang menyebabkan pesawat menghantam permukaan planet itu atau lenyap sama-sekali. Berikut ini beberapa pendaratan terbaik dan terburuk yang pernah dilakukan di planet itu.
1. Misi Mars 3 diluncurkan tahun 1970 dan mendarat dengan mulus di Mars pada 2 Desember 1971. Namun baru 20 detik memulai pengambilan foto, tiba-tiba sinyal dari Mars 3 lenyap. Foto: NASA

2. Prediksi yang salah mengenai kerapatan atmosfir planet Mars membuat parasut Beagle 2, yang diluncurkan tahun 2003, gagal terbuka dan terjadi benturan keras dengan permukaan Mars. Foto: NASA 

3. Mars Polar Lander yang diluncurkan NASA pada tahun 1999 jatuh di sekitar kutub selatan planet Mars. Foto: NASA 

4. Misi Viking 1 yang diluncurkan NASA pada 20 Juli 1976 menjadi misi pertama pendaratan ke Mars yang berhasil. Foto: NASA 

5. Melanjutkan keberhasilan Viking 1, NASA kembali meluncurkan Viking 2 pada 3 September 1976. Foto: NASA 

6. NASA memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli 1997 dengan mengirimkan mobil penjelajah robotik ke Mars. Foto: NASA 

7. Misi Curiosity yang diluncurkan NASA pada Agustus 2012 yang lalu. Curiosity berhasil mendarat sempurna di Mars. 

Ada 10 peralatan yang dibawa serta dalam misi Curiosity. Masing-masing adalah :
1. Mast camera (MASTCAM). Kamera ini punya spesifikasi 2 MP, bertindak sebagai mata kiri dan kanan bagi Curiosity serta mampu mengambil citra diam, video maupun 3D.
2. Cemistry and Camera (CHEMCAM). bagian ini merupakan laser penguap batuan dan kombinasi teleskop yang yang bisa manrget batu setinggi 7 meter, membakarnya serta menganalisis unsur kimia yang ada.
3. Alpha Particle X-Ray Spectrometer (APXS). Ini merupakan lengan robotik yang mampu menganalisis unsur kimia pada batuan dan tanah.
4. Mars Hands Lens Imager (MALHI). Alat pada ujung lengan robotik yang berguna untuk memotret jarak dekat permukaan Mars.
5. Chemistry and Mineralogy (CheMin) yang berguna untuk menganalisis batuan dan tanah dengan difraksi sinar-X.
6. Sample Analysis at Mars (SAM). Alat ini berfungsi menganalisis senyawa berbasis karbon yang menjadi pendukung kehidupan, menganalisis secara kimia unsur lain yang berguna bagi kehidupan maupun berperan penting dalam evolusi planet.
7. Rover Environment Monitoring Station (REMS) untuk mengetahui perubahan cuaca di Mars.
8. Radiation Assesment Detector (RAD) untuk menganalisis partikel subatomik dan atomik dari Matahari yang berbahaya bagi manusia jika misi pendaratan manusia di Mars nanti benar-benar dilakukan.
9. Dynamic Albedo of Neutrons (DAN) untuk meneliti adanya air di bawah tanah hingga kedalaman 50 cm.
10. Mars Descent Imager yang berguna untuk menghasilkan foto berwarna serta video selama proses pendaratan di Mars. 
Misi Curiosity adalah mengamati Kawah Gale, kawah selebar 57,6 yang memiliki 3 gunung serta berbentuk seperti gundukan lebar.
Foto berwarna pertama yang berhasil diambil Curiosity

 

Sumber:

No comments:

Post a Comment