Apa Kamu Bisa Mendapat Hadiah Nobel?

Ini emas asli lho, bukan dari emas imitasi

Kita jumpa lagi di Blog kesayangan anda, blog Light Nomyus. Hari ini kami akan membahas tentang hadiah nobel. Kamu tahu kan, apa itu Nobel? Gak usah dijelasin ama Light Nomyus kan. Kelamaan nantinya. Tapi kalo masih minta penjelasan, ini ada penjelasannya.

Hadiah-hadiah Nobel ialah hadiah yang dimulakan oleh wasiat Alfred Benhard Nobel, dan dianugerahkan kepada individu (dan juga pertubuhan dalam kes Hadiah Keamanan Nobel) yang telah melakukan penyelidikan yang ulung, mencipta teknik a yang luar biasa, atau memberi sumbangan yang utama kepada masyarakat. Hadiah-hadiah Nobel yang umumnya dianugerahkan setiap tahun dalam kategori-kategori yang disenaraikan di bawah, dianggap secara meluas sebagai pujian yang tertinggi dalam dunia pada hari ini.
Mr.Alfred benhard Nobel, macam kakek saya ya.

Sejak November 2005, sebanyak 776 buah Hadiah Nobel telah dianugerahkan (758 kepada individu dan 18 kepada pertubuhan).  Bagaimanapun, beberapa pemenang hadiah telah menolak anugerah ini. Terdapat juga tahun-tahun yang hadiah ini tidak dianugerahkan; umpamanya, semasa Perang Dunia II, hadiah-hadiah Nobel langsung tidak dianugerahkan antara tahun 1940 dan 1942. Khususnya, pemilihan hadiah keamanan amat terjejas oleh pendudukan Jerman Nazi di Norway. 
Hadiah-hadiah Nobel harus dianugerahkan sekurang-kurangnya satu kali pada setiap lima tahun. Calon-calon harus masih hidup pada masa pencalonan dan sejak tahun 1974, anugerah ini tidak boleh diberikan selepas mati. Hadiah yang diberikan tidak boleh ditarik balik. ada 5 kategori dalam penganugerahan nobel, :
  • Fisika
  • Kimia
  • Sastra
    Medis
  • Perdamaian (sebenernya ada juga 1 tambahan, yaitu ekonomi )

Ah, prolog tadi gak penting. yang penting, bagaimana dan apa kamu bisa mendapat hadiah nobel yang dibanggakan itu? Liat aja pic. di bawah ini dan silahkan introspeksi diri kamu sendiri.
Click to zoom
Catatan: Hasil ini berasal dari orang/kelompok yang pernah memenangkan hadiah nobel, kecuali untuk Nobel jurusan Sastra dan perdamaian.
 
Wah, kalo orang yang kuliahnya di UGM, umu 22 tahun, pake kacamata, lahir di bulan Desember, kira-kira bisa dapet nobel gak ya? Bermimpi sih boleh, tapi jangan berharap terlalu tinggi. Udah ya, udah ngantuk nih, mau bobo biar ganteng.

Sumber:

No comments:

Post a Comment