Lok Laga, Surga Air Tersembunyi di Kalimantan


Pantaslah kota-kota di Kalimantan Selatan disebut Kota Seribu Sungai. Di sini, Anda bisa menemukan banyak aliran sungai di setiap kawasannya. Bahkan ada yang masih tersembunyi, seperti Lok Laga di Haruyan, Kalsel.

Haruyan adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Banjarmasin. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menghabiskan waktu 3-4 jam perjalanan. Cukup melelahkan.

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, penduduk Haruyan jarang sekali rekreasi ke Banjarmasin. Tapi itu tidak masalah, karena kecamatan ini memiliki objek wisata menarik di Haruyan, yaitu Lok Laga.

Mungkin sebagian orang masih asing mendengar kata Lok Laga, tetapi tidak dengan masyarakat Haruyan. Lok Laga adalah tempat wisata alam andalan kecamatan ini.

Datang ke Lok Laga, Anda bisa melihat melihat ada aliran air sungai yang masih bersih. Airnya begitu dingin dan deras mengalir, kontras dengan cuaca Kalsel yang cenderung panas. Air ini ternyata berasal dari Hulu Sungai Tengah, yang menjadi nama kabupaten.

Tidak seperti sungai lain di Kalsel yang ramai dikunjungi wisatawan, Lok Laga begitu sepi, seperti saat kamikunjungi beberapa waktu lalu. Tak banyak orang yang datang ke tempat ini, serasa milik pribadi.

Jangan ragu-ragu untuk menjajal dinginnya air. Segera lepas alas kaki Anda, dan bermain airlah sepuasnya. Nikmati suasana tenang Lok Laga sambil duduk-duduk di atas bebatuan besar yang berada di tengah aliran sungai.

Tarik napas Anda dalam-dalam, biarkan oksigen bersih dari pepohonan sekitar memasuki paru-paru. Rasanya hembusan angin yang menampar lembut pipi Anda. Inilah salah satu surga tersembunyi di Bumi Kalimantan.


No comments:

Post a Comment