Tanaman Hias & Hubungannya dengan Kepribadian Cewek

1. Anggrek

Dibanderol dengan harga yang mahal, Anggrek termasuk tanaman hias yang ‘mewah’. Cewek yang hobi mainan anggrek dapat digolongkan ke dalam golongan cewek yang banyak duit dan service oriented. Kalau kamu pacaran sama cewek yang hobi mainan anggrek, kamu pasti bakal dimanjain banget. Disamping itu, anggrek juga melambangkan keanggunan. ‘Ang’ dari kata ‘Anggrek’ itu menyimpan makna ‘Anggun’. Nggak tau juga sih, ini rada ngasal. Mengingat cewek ini banyak duit, bukan mustahil kamu bakal sering ditraktir dan dibayarin ini itu. Yah dengan kata lain cewek yang melihara anggrek itu tante-tante gitu lah.

2. Bonsai

Proses pembuatan bonsai emang udah ditemukan dari sebelum para perintis Tong Fang lahir, tapi sampai sekarang tetep aja sulit bikinnya. Cewek yang hobi mainan bonsai itu pada dasarnya picky banget. Apa sih picky itu? Picky itu merek makanan ringan yang cukup tersohor. Ya bukan lah, picky itu artinya dia milih-milih banget dalam memilih pasangan. Buat kamu yang banyak kekurangan, mendingan gak usah ngarep yang ketinggian gitu lah buat dapetin cewek yang hobi mainan bonsai. Bonsai aja bantet, ngapain kamu punya harapan tinggi-tinggi.

3. Kaktus

Tanaman ini memang notabene merupakan tanaman yang sangat mudah perawatannya. Cukup disiram air seminggu sekali doang, niscaya sang kaktus akan tetap segar bugar. Cewek yang hobi mainan kaktus ini merupakan pribadi yang nggak suka neko-neko, sukanya yang simpel-simpel aja. Pedekate sama cewek tipe begini tuh yang paling irit, di ajak makan di kaki lima juga tetep bakal asik. Cocok lah sama kamu yang punya dompet anak kos.
Sayangnya, cewek yang hobi mainan kaktus itu orangnya cuek banget. Kalau kamu tipe cowok yang haus perhatian, ada baiknya kamu pikir-pikir lagi kalau mau melakukan pendekatan sama cewek tipe ini. Cuma ‘disiramin’ seminggu sekali kan repot, boss

4. Tanaman Obat

Daun sirih bisa buat obat kan
Unik banget nih yang satu ini. Cewek yang hobi mainan tanaman obat itu pada dasarnya sangat peduli dengan kesehatan. Nggak perlu repot-repot ke dokter, kalau sakit tinggal telen aja itu pohon sampai seakarnya. Mereka juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi, memiliki hidup yang cukup terencana dan cenderung gak mau ngerepotin.  Memang sekarang sudah sulit menemukan cewek yang hobi mainan tanaman obat, cuma kami yakin dan percaya bahwa di luar sana masih ada cewek yang tertarik dengan herbalism. Eh tapi bentar dulu, emangnya tanaman obat termasuk dalam golongan tanaman hias, gitu? Hmm. Ok, berarti lupain aja apa yang barusan dibilang.
Hayuk cewek-cewek absen di comment box, tanaman apa sih yang kalian punyai atau ingin kalian punyai?
READ MORE »»  

8 Cara Parkir Mobil yang Aneh

1. Tidak harus ditekuk


2. Tidak parkir di tangga

3. Tidak perlu bangun gedung parkir serumit ini

4. Tidak juga harus parkir dalam got
5. Atau di atas got


6. Bahkan, parkir di atas pohon
7. Apalagi di kabel listrik

8.  Tak harus kamuflase ikut garis trotoar juga, kan?
READ MORE »»  

Sabda Tuhan Senin, 15 Oktober 2012 Peringatan Wajib Sta. Theresia dari Avila, Perawan dan Pujangga Gereja

Doa tidak lain dari satu pergaulan yang sangat ramah, di mana kita seringkali berbicara seorang diri dengan Dia, tentang Siapa, kita tahu bahwa Ia mencintai kita. --- St Teresia dari Avila

Antifon Pembuka (Mzm 41:2-3)

Bagaikan rusa merindukan air, demikianlah hatiku rindu pada-Mu, ya Allah. Hatiku haus akan Allah, Allah yang hidup.

Doa Pagi


Allah Bapa kami, dengan perantaraan Yesus Putra-Mu, Engkau telah memanggil semua orang agar bertobat dan percaya kepada Injil. Kami mohon, jauhkanlah kami dari dosa-dosa, berilah kami keberanian untuk menanggapi panggilan-Mu dan menempuh jalan yang ditunjukkan oleh Yesus, Putra-Mu, Tuhan kami. Amin.


Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia (4:22-24.26-27.31-5:1)

"Kita ini bukanlah anak dari wanita hamba, melainkan dari wanita merdeka."

Saudara-saudara, ada tertulis bahwa Abraham mempunyai dua orang anak, seorang dari wanita yang menjadi hambanya dan seorang dari wanita yang merdeka. Tetapi anak dari wanita yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging, dan anak dari wanita yang merdeka itu oleh karena janji. Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua wanita itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari Gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, yaitu Hagar. Tetapi yang lain adalah Yerusalem surgawi, yaitu wanita yang merdeka, ibu kita. Karena ada tertulis, "Bersukacitalah, hai wanita mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembira dan bersorak-sorailah, hai wanita yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab wanita yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai anak lebih banyak daripada yang bersuami." Karena itu, Saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak dari wanita hamba melainkan anak-anak dari wanita yang merdeka. Sebab Kristus telah memerdekakan kita, supaya kita benar-benar merdeka. Karena itu berdirilah teguh dan jangan tunduk lagi di bawah perhambaan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Kiranya nama Tuhan dimasyhurkan, sekarang dan selama-lamanya.

Ayat. (Mzm 113:1-2.3-4.5a.6-7)

1. Pujilah, hai hamba-hamba Tuhan, pujilah nama Tuhan! Kiranya nama Tuhan dimasyhurkan, sekarang dan selama-lamanya.

2. Dari terbitnya matahari sampai pada terbenamnya terpujilah nama Tuhan. Tuhan tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit.
3. Siapakah seperti Tuhan, Allah kita, yang diam di tempat tinggi, yang merendahkan diri untuk melihat ke langit dan ke bumi? Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur.

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya, alleluya

Ayat.
Hari ini dengarkanlah suara Tuhan, dan janganlah bertegar hati.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (11:29-32)

"Angkatan ini tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus."

Sekali peristiwa Yesus berbicara kepada orang banyak yang mengerumuni Dia, "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menuntut suatu tanda, tetapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus. Sebab sebagaimana Yunus menjadi tanda bagi orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda bagi angkatan ini. Pada waktu penghakiman ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sungguh, yang ada di sini lebih besar daripada Salomo! Pada waktu penghakiman orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sungguh, yang ada di sini lebih besar daripada Yunus!"
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan
Pesan kekristenan yang menonjol adalah ajakan untuk bertobat. Secara terus-menerus orang diajak untuk bertobat agar orang senantiasa ingat bahwa Kristus telah membebaskan manusia dari kuk perhambaan. Artinya, orang sudah merdeka, tidak terbelenggu dosa lagi. Menjadi sangat ironis kalau orang yang sudah dibebaskan, malah kemudian mau menjadi terbelenggu lagi. Maka, ajakan pertobatan sebenarnya juga berisi ajakan untuk tidak kembali lagi kepada belenggu dosa itu. Tetapi, toh kalau kemudian tetap jatuh dalam dosa yang sama, orang akan selalu ditarik lagi dari lubang dosa itu. Justru karena itulah ajakan pertobatan itu selalu dikumandangkan. Meskipun begitu, kadang orang berpura-pura tidak mendengarkan ajakan itu dan sulit bertobat.

Memang bertobat bukanlah perkara mudah. Yang paling dibutuhkan dalam proses ini adalah kehendak yang kuat untuk berubah. Selain itu, juga perlu kesadaran bahwa pertobatan sejati tidak membutuhkan syarat-syarat atau tanda-tanda tertentu. Misalnya, ”Saya mau bertobat kalau.....” Yang pokok dan terpenting adalah orang tersebut mau bertobat. Kalau orang mau, entah ada tanda atau tidak, orang akan tetap bertobat. Tetapi, meskipun ada banyak tanda, kalau orang tidak ada kemauan bertobat, pertobatan itu juga tidak akan pernah terjadi. Bahkan boleh dikatakan, jika ada orang yang menuntut tanda untuk pertobatannya, yang sebenarnya terjadi adalah ia hanya mencari dalih agar tidak perlu bertobat.

Doa Renungan:
Tuhan, ampunilah aku karena kadang hanya mencari-cari alasan saja agar tidak perlu bertobat. Bantu aku agar aku mau merendahkan diri, menyesali segala kesalahan dan dosaku di hadapan-Mu. Amin.
READ MORE »»  

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Liburan ke Pantai


Emang sih, liburan natal masih lama (itu juga klo gak jadi kiamat). Tapi ini penting, udah tau belom mau liburan kemana? Kalo kamu anaknya santai, pasti kamu suka liburan ke pantai! Biasanya kamu ngapain saja sih di pantai? Berenang? Berjemur? Terus ngapain lagi? Kalau kamu bingung mau ngapain lagi di pantai, mending baca artikel ini dulu. Berikut ini adalah hal-hal yang biasa dilakukan orang kalo liburan ke pantai!

1. Lihat Sunset

Ngapain sih sebenarnya nontonin matahari terbenam? Bentuknya gitu-gitu aja kan? Tapi kalau kamu lihat sunset di pantai efek dramatisnya jauh lebih besar. Coba bayangin kamu jalan di pinggir lautnya, pelan-pelan sambil sesekali ada ombak yang kasih percikan air ke kaki dan muka kamu. Terus kamu jalan sambil dengerin musik pakai kacamata hitam, pelan-pelan lepas kacamata menatap nanar ke matahari terbenam. Rasanya kaya bikin video klip kan? Kalo udah gini tinggal minta difotoin sama temen kamu, tapi sok-sok candid gitu deh. Biar kayaknya kamu misterius dan cuek.

2. Minum Es Kelapa Muda

Makan dan minum apa saja rasanya enak kalau lagi liburan, apalagi kalau liburannya gratis. Tapi hukumnya wajib banget kamu minum es kelapa muda pas di pantai biar makin berasa suasana semilir angin dan pohon kelapanya. Harus. Kudu. Wajib. Serius deh, Es Kelapa Muda tuh rasanya beda banget kalo diminum di pantai.

3. Bikin Tattoo

Biasanya kalau ada temen kamu ada yang punya tatto baru tapi tattonya gak permanen, itu berarti mereka abis liburan dari pantai tuh. Mereka gak berani bikin tatto permanen makanya bikin tatto yang dibikin sambil duduk di pinggir pantai. Bikin tattoo gak permanen ini merupakan salah satu bukti pamer bahwa kamu abis liburan ke pantai. Penting buat pamer ke temen-temen kamu yang libur lebarannya cuma jadi pembantu di rumah.

4. Baca Buku, Duduk-duduk lucu

Kalau di pantai banyak banget bule yang suka duduk-duduk lucu di pinggir pantai gak ngapa-ngapain. Tapi mereka terlihat asyik tuh! Definisi duduk-duduk lucu itu, kamu duduk di spot yang bisa lihat dan dilihat banya orang plus sekaligus terlihat serius. Nah, kamu bisa tiru duduk-duduk lucu ini cukup bermodal bacaan dan musik yang asyik. Bacaannya kalo bisa yang keliatan intelek gitu, biar kesannya keren abis. Kalo bisa bahasa inggris gitu bukunya. Gak ngerti gak masalah, yang penting keliatannya lagi duduk-duduk lucu dulu.

5. Buka Usaha Pijet

Pantai merupakan tempat buat santai. Salah satu bentuk santai yang paling hakiki tentu saja dengan pijet. Di pantai itu ada banyak ibu-ibu yang modal kain alas dan kacamata hitam buat mijetin bule-bule seksi yang hobi bikinian di pantai. Nah, kalau kamu kebetulan lumayan bisa pijet dan kantong mulai menipis, bisa lho kamu jadi tukang pijet dadakan. Asal kamu harus sangat meyakinkan, jangan berdandan ala turis. Harus terlihat keling dan kelimis. Lumayan kan dapat tambahan uang jajan?

6. Foto-Foto

Pantai itu merupakan tempat yang OK banget buat foto. Ada banyak banget objek yang bisa difoto. Apalagi kalo pantainya banyak turis asingnya. Trus turisnya cewek. Trus pake bikini. Trus sambil sunbathing. Wah manteb banget tuh buat foto-foto. Kamu suka ya foto-fotoin bule lagi berjemur? Dasar pervert.
Begitulah. Adalagi gak sih hal seru yang bisa dilakukan di pantai? Silakan share pendapat kamu di comment!
READ MORE »»  

Tutorial Liburan Naik Pesawat


Mungkin sekarang ini kamu udah siap ambil cuti atau rencana liburan semester depan buat ke Bali atau Singapura. Kami tahu beberapa dari kamu pasti deg-degan, bukan cuma karena gak sabar, tapi juga karena baru pertama kali naik pesawat dan bingung mau siapin apa aja. Iya kan? Ngaku aja deh. Gapapa kok. Nih,  udah ada tutorial apa aja yang harus kamu siapin demi kelancaran dan kesuksesan kamu liburan naik pesawat, siap-siap ya!

1. Barang Bawaan

Jangan Bawa barang seperti ini ke bagasi pesawat
Hal pertama yang perlu kamu tahu ketika membawa koper/barang bawaan lain ke pesawat adalah bahwa ada limit bagasi di pesawat, dan ini diatur dengan sangat ketat. Pada umumnya, kamu cuma boleh bawa barang seberat 7kg ke dalam kabin dan biasanya 15kg untuk dimasukin ke bagasi. Tapi ini beda-beda juga tiap maskapai. Kalo kamu pake penerbangan murah/promo, biasanya kamu harus beli bayar lagi kalo mau masukin barang ke bagasi. Trus kalo barang kamu lebih berat dari batas yang ditentukan, kamu harus siap untuk bayar lagi. Nah, kamu harus waspada banget akan hal ini, apalagi kalo kamu anaknya doyan belanja. Pasti pulang dari jalan-jalan, bagasi kamu akan beranak-pinak.

2. Kostum

Kostum kayak gini keren nih
Biarpun kamu liburan ke pantai yang super panas, bukan berarti kamu bisa langsung pakai kostum celana pendek, sandal jepit dan telanjang dada atau bikini begitu masuk pesawat. Bukan karena takut diteriakin orang gila sama orang di bandara, tapi pesawat itu dingin! Serius dingin, jangan sok jagoan deh. Kalau kamu mau pakai celana pendek atau sandal jepit, pastikan juga kamu bawa jaket dan kaos kaki. Masalah kostum ini emang gak bisa kamu remehkan ya. Pastiin juga kamu tau cuaca atau suhu di daerah tujuan kamu. Kalo kamu ke negara yang iklimnya dingin banget, pastikan kamu udah nyiapin jaket yang tebel dan siap dipake begitu kamu turun pesawat. Jangan sampe jadi kayak orang bego deh. Turun pesawat pake celana pendek dan kaos kutang, padahal kamu liburan ke Korea pas lagi musim dingin. Orang-orang pasti bakal ngetawain kamu. Dalam hati.

3. Makanan & Minuman

Jangan makan ini ya
Buat kamu yang suka kelaperan, jangan khawatir! Di pesawat kamu biasanya bakal dapat makanan dengan beberapa pilihan. Misalnya, kamu bisa pilih ayam atau daging, minumnya juga bebas pilih plus bebas nambah. Tapi kalau kamu naik pesawat bujet rendah, kamu harus siap-siap bawa bekal sendiri. Mereka nyediain makanan sih di dalem pesawat, tapi kamu harus beli dan harganya lumayan mahal deh. Kadang-kadang mereka suka kasih kejutan bagi-bagi makanan gratis yaitu pas pesawatnya delay. Jadi, kalau kamu nggak mau rugi berdoa aja supaya pesawat delay. Makin lama delay mungkin makin banyak makanan gratis yang bisa kamu dapet.

4. Keselamatan

Pake alat keselamatan gini dong
Buat yang baru pertama kali naik pesawat, ini bagian paling PENTING! Sebelum take off nanti, bakal ada pramugari yang akan praktekin cara penyelamatan diri dan memakai segala atribut keselamatan dalam pesawat. Bisa dibaca bukunya juga di depan kursi kamu dan semua peralatan keselamatan ada di bawah kursi kamu. Kalau perjalanan aman sentosa, kamu jangan coba-coba mindahin apalagi bawa pulang jaket pengaman atau masker oksigen buat dijadiin oleh-oleh ya. Ya tapi terserah juga sih. Paling kamu didenda.

5. Jangan Ngomong Aneh-Aneh

Pantun kilat Jawa:
Esuk-esuk tangi turu
Aku langsung ngomong A*u (pic.di atas)

Naik pesawat itu sekarang adalah hal yang cukup sensitif. Jadi jangan pernah, inget ya, JANGAN PERNAH becanda soal bom, teroris, dan hal-hal turunannya di dalem pesawat. Becanda hal semacam ini bisa bikin kamu ditangkep, diinterogasi, bahkan mungkin dilarang naik pesawat itu lagi seumur hidup. Juga jangan becanda soal pesawat jatuh dan yang berhubungan dengan ini. Mungkin menurut kamu itu lucu. Tapi sebenernya sih itu gak lucu sama sekali. Jadi mendingan naik pesawat, minum susu, bobo.
Nah, kalau kamu udah paham tutorial naik pesawat ini artinya kamu siap terbang. Ada trik lain yang perlu diketahui? Bagi-bagi yuk di sini!
 
 
READ MORE »»  

Cara Membuat Slepetan dari Handuk Kecil

Apakah kamu sedang bosan? Rindu masa-masa SMA? Pengen ngisengin teman? Berarti kamu berada di website dan artikel yang tepat. Hari ini kami akan mengajarkan kalian sebuah trik yang sering dipergunakan anak-anak SMA beberapa tahun yang lalu. Gak tau sih masih sering digunain anak SMA jaman sekarang apa ngga. Pokoknya asik deh! Hari ini kita akan belajar cara membuat slepetan!

Yang Dibutuhkan

1 buah handuk ukuran kecil

Dan tentunya hati ksatria yang suci.

Cara Membuat

1. Siapkan handuk kecil di tangan

2. Pegang sisi diagonal yang berlawanan sampa handuk posisinya jadi seperti di gambar.

3. Puter handuk ke arah luar

4. Sampai akhirnya handuk tergulung seperti ini

Nah, kalo sudah seperti ini, berarti kamu sudah lumayan siap. Lanjut ke step selanjutnya!

Cara Beraksi

Berikut adalah posisi badan awal yang tepat ketika kamu mau nyelepet orang:

Tarik masing-masing sisi handuk sampai tegang, seperti layaknya kamu akan menjepret orang. Kalo sudah siap, selanjutnya –

Tinggal selepet temen kamu deh! Mungkin pertama kali kamu bisa gagal, tapi kalo kamu rajin latihan, maka pasti lama-lama kamu bisa melakukan hal-hal yang hebat, seperti misalnya:

Ngancurin botol pake slepetan
Nyelepet orang sampe jatuh ke jurang tanpa dasar
Mengalahkan robot dan tank

Nah, seru banget kan? Ayo cari handuk dan mulai main slepetan!
READ MORE »»  

Sabda Tuhan Minggu, 14 Oktober 2012 Hari Minggu Biasa XXVIII/B


Perayaan hari Minggu yakni hari Tuhan dan Ekaristi-Nya merupakan pusat kehidupan Gereja ---- Katekismus Gereja Katolik, 2177

Antifon Pembuka (Mzm 130:3-4)

Jika Engkau ya Tuhan, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, siapakah yang dapat bertahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan.

Doa Pagi


Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, bagi orang yang benar-benar menaruh cinta kasih kepada-Mu dan kepada sesama, maka iman adalah keuntungan yang amat besar, harta benda yang tak ternilai. Kami mohon berilah kebebasan sejati, yang tak terikat oleh kehormatan atau pun kekayaan. Curahkanlah kebijaksanaan-Mu yang luhur kepada kami, agar kami berani mengorbankan segalanya dan mengikuti
Yesus Kristus, Putra-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Kebijaksanaan (7:7-11)


"Dibandingkan dengan roh kebijaksanaan, kekayaan kuanggap bukan apa-apa."

Aku berdoa, dan aku pun diberi pengertian, aku bermohon, dan roh kebijaksanaan pun datang kepadaku. Dialah yang lebih kuutamakan daripada tongkat kerajaan dan takhta; dibandingkan dengannya, kekayaan kuanggap bukan apa-apa. Permata yang tak terhingga nilainya tidak kusamakan dengan dia, sebab segala emas di bumi hanya pasir saja di hadapannya, dan perak dianggap lumpur belaka di sampingnya. Kebijaksanaan kukasihi lebih daripada kesehatan dan keelokan rupa, dan aku lebih suka memiliki dia daripada cahaya, sebab kemilaunya tak kunjung henti. Namun demikian besertanya datang pula kepadaku segala harta milik, dan kekayaan yang tak terpemanai ada di tangannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, la = fis, PS 846
Ref.
Tuhan memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera
Ayat. (Mzm 90:12-13.14-15.16-17)

1. Ajarlah kami menghitung hari-hari kami, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Kembalilah, ya Tuhan, berapa lama lagi? Dan sayangilah hamba-hamba-Mu!
2. Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita sepanjang hayat. Buatlah sukacita kami seimbang dengan dukacita di masa lalu, seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celaka.
3. Biarlah hamba-hamba-Mu menyaksikan perbuatan-Mu, biarlah anak-anak mereka menyaksikan semarak-Mu. Kiranya kemurahan Tuhan melimpah atas bumi! Teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah!

Bacaan dari Surat Kepada Orang Ibrani (4:12-13)


"Firman Allah sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita."

Saudara-saudara, firman Allah itu hidup dan kuat, lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun! Firman itu menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum! Firman itu sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungjawaban.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do= f, 2/4, PS 961
Ref.
Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 5:3)
Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (10:17-30)
(Singkat: 10:17-27)


"Juallah apa yang kaumiliki, lalu ikutlah Aku!"

(Pada suatu hari Yesus berangkat meneruskan perjalanan-Nya. Maka datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya, "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus kepadanya, "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain Allah! Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta dan jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayah dan ibumu!" Kata orang itu kepada Yesus, "Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku." Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya, "Hanya satu lagi kekuranganmu: Pergilah, juallah apa yang kaumiliki, dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin. Maka engkau akan beroleh harta di surga. Kemudian datanglah ke mari, dan ikutlah Aku." Mendengar perkataan Yesus, orang itu menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyaklah hartanya. Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya di sekeliling-Nya dan berkata kepada mereka, "Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah." Murid-murid tercengang mendengar perkataan-Nya itu. Tetapi Yesus menyambung lagi, "Anak-anak-Ku, alangkah sukarnya masuk ke dalam Kerajaan Allah. Lebih mudah seekor unta melewati lubang jarum daripada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." Para murid semakin gempar dan berkata seorang kepada yang lain, "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?" Yesus memandang mereka dan berkata, "Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah. Sebab bagi Allah segala sesuatu adalah mungkin!") Lalu berkatalah Petrus kepada Yesus, "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!" Maka Yesus menjawab, "Sungguh, Aku berkata kepadamu, barangsiapa, karena Aku dan karena Injil, meninggalkan rumah, saudara-saudari, ibu atau bapa, anak-anak atau ladangnya, pada masa ini juga ia akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak-anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan; dan di masa datang ia akan menerima hidup yang kekal."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

Renungan

Pada era kemajuan sarana-prasarana teknologi canggih yang terus bertumbuh dan berkembang saat ini, antara lain sarana komunikasi seperti tilpon/HP atau internet, kiranya segala sesuatu ingin diselesaikan dengan seccpat mungkin. Maka mau tak mau hal itu juga mempengaruhi cara hidup dan cara bertindak manusia, yaitu ingin ‘cepat-cepat sukses atau menikmati sesuatu, dst.’, misalnya cepat-cepat menerima ijazah kemudian membeli nilai atau menyontek, cepat-cepat ingin kaya maka kemudian melakukan korupsi seenaknya, cepat-cepat naik pangkat dan golongan atau jabatan kemudian melakukan KKN, cepat-cepat ingin menikmati kegairahan seksual kemudian meskipun masih remaja atau muda-mudi melakukan hubungan seks bebas yang berdampak kehamilan dan kemudian melakukan aborsi, dst.. Yang kiranya marak pada masa kini adalah cepat-cepat menikmati makanan atau minuman, dan untuk itu senantiasa mengkonsumsi makanan dan minuman instant dalam kemasan. Penelitian menunjukkan bahwa karena begitu banyak mengkonsumsi (kalau tidak boleh dikatakan sebagai menu sehari-hari) makanan dan minuman instant maka daya tahan fisik melemah alias tidak memiliki kebugaran dan kesehatan fisik/tubuh yang handal dan tahan terhadap aneka serangan virus penyakit. Sabda hari ini mengingatkan dan mengajak kita semua untuk hidup dan bertindak mengikuti proses sebagaimana dikehendaki oleh Allah.

"Anak-anak-Ku, alangkah sukarnya masuk ke dalam Kerajaan Allah. Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Mrk 10:24-25).
 
“Masuk ke dalam Kerajaan Allah” berarti hidup dan bertindak sesuai dengan perintah dan kehendak Allah, tidak hidup dan bertindak hanya mengikuti selera pribadi atau keinginan sendiri. Kebanyakan orang masa kini adalah hidup dan bertindak mengikuti selera atau keinginan pribadi, cari seenaknya sendiri; aneka aturan atau tata tertib berhenti dalam tulisan dan tidak pernah dilakukan atau dihayati, sebagaimana dapat kita saksikan di jalanan dimana para pengendara kurang atau tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas. Demikian juga banyak orang telah melanggar perjanjian atau ikrar yang telah diucapkan, misalnya janji baptis, janji perkawinan, kaul, janji/sumpah pegawai atau jabatan dst..
“Jer basuki mowo beyo” = untuk hidup bahagia, damai sejahtera orang harus siap sedia berkorban dan berjuang, demikian kata peribahasa Jawa. Peribahasa ini kiranya merupakan suatu ajakan bagi kita semua untuk hidup dan bertindak mengikuti proses sebagaimana dikehendaki oleh Allah. Marilah kita lihat dan cermati bahwa tanaman atau binatang yang hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan proses alamiah lebih sehat dan segar daripada yang perkembangan dan pertumbuhannya diintervensi dengan obat atau vitamin buatan. Sebagai contoh ayam kampung yang tumbuh berkembang secara alamiah meskipun kecil lebih mahal dan berkualitas daripada ayam piaraan dikandang yang dibesarkan dengan suntikan hormon maupun makanan-makanan instant.
Kepada para pelajar atau peserta didik kami harapkan berusaha menjadi pandai atau cerdas dengan berproses seperti biasa saja, artinya belajar terus menerus, tidak hanya belajar menjelang ulangan atau ujian, demikian juga dalam hal mengusahakan keterampilan hendaknya mulai dari yang sederhana kemudian berkembang ke yang lebih sulit dan akhirnya yang sulit dan berbelit-belit. Kepada mereka yang ingin kaya hendaknya lebih mengandalkan pada keterampilan, kecakapan dan kemampuannya, tidak melakukan korupsi sedikitpun dan dalam bentuk apapun.
Kita juga diingatkan bahwa ‘bersama dan bersatu dengan Allah’ pekerjaan atau tugas sesulit dan seberat apapun pasti akan dapat kita lakukan, karena bersama dan bersatu denganNya segala sesuatu mungkin dapat dilakukan. Tumbuh berkembang menjadi pribadi yang cerdas spiritual, beriman dan bermoral memang tidak mudah dan harus menghadapi aneka macam bentuk tantangan, hambatan maupun masalah yang berat dan sulit. Pengalaman menunjukkan bahwa mereka yang siap sedia bekerja keras dengan membaktikan diri sepenuhnya kepada tugas dan pekerjaan serta Penyelenggaraan Ilahi senantiasa sukses menyelesaikan tugas atau pekerjaan sesulit dan seberat apapun. Hidup baik, suci dan berbudi pekerti luhur di era kemerosotan moral masa kini tetap mungkin jika kita usahakan bersama dan bersatu dengan Tuhan. Tuhan senantiasa menyertai perjalanan hidup dan tugas kita jika kita membuka diri terhadap-Nya.

“Firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab” (Ibr 4:12-13)
 
Kutipan di atas ini mengingatkan dan mengajak kita semua untuk senantiasa hidup dan bertindak berpedoman pada firman atau sabda Tuhan, antara lain sebagaimana tertulis di dalam Kitab Suci. Marilah kita ingat dan sadari serta tentu saja kita tiru bahwa para santo-santa semasa hidupnya senantiasa berpedoman pada sabda Tuhan, yang kemudian juga diikuti oleh para gembala kita, paus maupun uskup, dan juga para imam, dimana para gembala kita memiliki motto pelayanan dan perjalanan panggilan dari ayat-ayat Kitab Suci. “Firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita”, demikian peringatan bagi kita semua.
Dalam kenyataan sehari-hari sering terjadi bahwa kata-kata teman atau saudara sendiri lebih kuat dan tajam daripada firman atau sabda Allah. Hal ini menunjukkan bahwa yang bersangkutan kurang atau tidak beriman. Kami berharap kepada segenap umat beriman atau beragama untuk setiap hari membaca dan merenungkan apa yang tertulis di dalam Kitab Suci, dan temukan ayat yang mengesan serta selanjutnya jadikan pedoman atau pegangan perjalanan hidup dan panggilan anda. Tentu saja ayat tersebut sesuai dengan pengalaman iman atau perjalanan hidup anda. Sebagai contoh ketika menjelang ditahbiskan imam saya menemukan ayat Kitab Suci “Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.” (Ef 3:12). Yang tercetak dengan tebal inilah yang menjadi motto penghayatan imamat saya sampai sekarang.

“Maka itu aku berdoa dan akupun diberi pengertian, aku bermohon lalu roh kebijaksanaan datang kepadaku. Dialah yang lebih kuutamakan dari pada tongkat kerajaan dan takhta, dan dibandingkan dengannya kekayaan kuanggap bukan apa-apa.Permata yang tak terhingga nilainya tidak kusamakan dengan dia, sebab segala emas di bumi hanya pasir saja di hadapannya dan perak dianggap lumpur belaka di sampingnya.Ia kukasihi lebih dari kesehatan dan keelokan rupa, dan aku lebih suka memiliki dia dari pada cahaya, sebab kilau dari padanya tidak kunjung hentinya.” (Keb 7:7-10).  

Hidup dan bertindak ‘dalam Dia/Allah’ memang tak terlepas dari doa. Dengan kata lain saya mengajak dan mengingatkan kita semua untuk tidak melupakan doa-doa harian sebagai umat beriman atau beragama. Hadapi dan sikapi aneka tugas, pekerjaan, masalah, tantangan dan beban dalam dan dengan doa alias bersama dan bersatu dengan Allah, karena dengan demikian pasti akan dapat kita laksanakan dengan baik dan sukses.
 
“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Kembalilah, ya TUHAN -- berapa lama lagi? -- dan sayangilah hamba-hamba-Mu! Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami. Buatlah kami bersukacita seimbang dengan hari-hari Engkau menindas kami, seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celak “ (Mzm 90:12-15)

Rm. Ign. Sumarya, SJ 

Sumber
READ MORE »»  

(Mari Berkhayal) Jika $1 = Rp.1


Jika nilai US$ 1 = Rp 1,-…kira-kira apa aja yang terjadi di Indonesia? *dengan asumsi kurs negara tetangga lainnya tetap*


1. Masyarakat bisa gonta ganti mobil semaunya..Beli Honda city dengan Rp.30.000,- dan Toyota Landcruiser Rp 70.000,-, BMW/Mercedes Benz gak nyampe Rp 1 juta, de el el..
Mimpi pertama


2. Bakal ada transfer pemain sepak bola besar-besaran di Indonesia. Bukan tidak mungkin Persija Jakarta akan membeli David Beckham dan Ronaldinho. Sementara PSBL Bandar Lampung akan mengontrak Zenedine Zidane dan Ronaldo, Nah lho…Alexandro Delpiero dan Paolo Maldini *pemain kesayangan gw* juga bisa di kontrak buat main di Indonesia, Kebayang gak sih..Pemain-pemain lokal akan bertanding dengan pemain-pemain kelas dunia?



3. Pemerintah gak perlu lagi ngutang ke IMF, justru malah Indonesia bantu-bantu negara miskin lainnya..Indonesia memang Hwebatt….!!


4. Pengamen, Pengemis, dan tukang parkir bisa langsung meluncur ke luar negri sehabis kerja seharian. Bahkan mereka bisa check-in di hotel-hotel mewah dengan fasilitas kamar presidental room yang harga semalamnya diatas Rp 1,5 juta..Juga mereka bakal punya mobil mewah, pokoknya jadi takjir gitu deh


5. Kriminalitas menjadi lebih elit, gak bakal ada lagi copet dengan dua jari, apalagi kapak merah…Gengsi dunks!! Lihat aja di Amrik sono, gak ada penjahat bawa kapak kan?
Penjahatnya bakal kayak Ivan Vanko di Iron Man 2 nih, ngeri juga


6. Gak ada lagi pasar loak. Masyarakat jadi malu beli barang-brang bekas…


7. Kebijakan pengadaan rumah sangat3x Sederhana diganti menjadi Real Estate Sangat3x Sederhana..


8. Fasilitas sehari-hari menggunakan jasa komputer+smart card, jadi gak perlu lagi antri tiket di loket stasiun, pekerja-pekerja kantoran yang biasanya kerja sambil ngobrol. dan gak memberi kepuasan pada customers…jadi lebih punya banyak waktu untuk ngobrol panjang lebar dengan temen-temen…, de-el-el


9. Masyarakat kita gak perlu lagi pusing masalah issue formalin, daripada ketakutan beli mie ayam, tahu, dan ikan asin…mendingan mampir aja ke restoran dan pesen pizza, burger, dan makanan lainnya sepuasnya..
Sedapnyaaa.....

Ahh, gak usah bayangin lah. Indonesia aja gak karuan bisa Apresiasi nilai rupiah ke nilai $
#Ngimpi


READ MORE »»  

Beginilah persahabatan, tanpa Pandang Usia, Jabatan, Suku, & Ras


Best Friend forever
Persahabatan itu sangat baik, namun terkadang ada oknumk yang memanfaatkan persahabatan ini dengan tidak bijaksana. Contohnya koruptor (bersahabat sama uang rakyat), para intelijen (itu emang tugasnya sih), dan masih banyak yang lain.Kalo kalian ingin bersahabat, hendaknya beberapa contoh di bawah ini kalian tiru.

1. Persahabatan kedua anak ini
2. Seperti kedua orang ini
3. Atau seprti majikan dengan temannya (ingat teman, bukan bawahan)
4. Seperti anak dan tentara ini
5. Juga seperti kedua pasangan serasi ini
6. Atau separti kedua bocah (maap, maksudnya pahlawan) ini

Persahabatan yag begitu mengharukan, mau nangis nih! Udah dulu yah Light Nomyus mau nangis sebentar.



Sumber
READ MORE »»