9 Tempat Wisata Yang Bisa Disinggahi Pas Mudik Lewat Jalur Selatan

Menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan berwisata. Bagi Anda yang mudik melewati jalur selatan, berikut adalah 9 tempat wisatanya!

Selain Pantai Utara (Pantura) yang dikenal sebagai jalur mudik, jalur selatan juga bisa Anda gunakan sebagai jalan menuju kampung halaman. Jalur ini memang dikenal lebih sepi dibandingkan jika Anda melalui Pantura. Akan tetapi, ternyata jalur selatan memiliki banyak sekali destinasi wisata.

Bagi Anda yang melintas di jalur ini, jangan sampai melewatkan begitu saja rangkaian tempat wisata yang ada di sepanjang jalan. Ini dia 9 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika melintas di jalur selatan:

1. Trans Studio Bandung, Jawa Barat

Trans Studio Bandung merupakan tempat seru untuk para traveler. Indoor theme park ini punya banyak wahana permainan. Ini adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika melintas di Bandung.

Banyak wahana permainan yang dapat Anda nikmati di Trans Studio Bandung. Terdapat 20 wahana spektakuler yang terbagi menjadi tiga zona, yaitu Studio Central, kemegahan klasik ala Hollywood dan New York Lost City. Ada juga pertunjukan teater yang seru dan menghibur.

Dari situs resminya saat dikunjungi detikTravel, Kamis (2/8), tiket masuk Trans Studio Bandung dibanderol seharga Rp 150.000 untuk hari Senin hingga Jumat. Pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, tiket naik menjadi RP 200.000.

2. Candi Cangkuang, Garut, Jawa Barat
 
Jawa Barat tidak hanya memiliki Bandung yang asyik untuk dikunjungi saat liburan. Di sana juga ada Garut yang menyimpan sejuta pesona. Sambil melakukan perjalanan mudik, Anda bisa mampir ke Candi Cangkuang.

Candi Cangkuang adalah situs sejarah di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, sebelah utara Kabupaten Garut, Jawa Barat. Uniknya, candi ini berada di tengah-tengah Situ atau Danau Cangkuang. Ingin wisata sejarah di Garut, Candi Cangkuang tempatnya!

3. Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat

Bagi yang melintas di Tasikmalaya, ada Kampung Naga yang bisa Anda jadikan destinasi menarik. Kampung ini berada di Kecamatan Salawau, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ada budaya lokal yang menjunjung tinggi kearifan antara setiap manusia dan mahluk hidup lainnya di sana.

Kampung Naga dikenal dengan suasana yang alami dan menenangkan. Hutan-hutan dan sawah di sini serba hijau, jadi Anda akan menghirup udara yang segar saat berada di kampung ini. Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, Kampung Naga adalah tempat untuk kembali ke alam.

4. Pantai Batukaras, Ciamis, Jawa Barat

Batukaras adalah pantai dengan pemandangan yang indah. Lokasinya tidak jauh dari Pangandaran, Jawa Barat, yaitu sekitar 34 km. Pantai ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk relaksasi.

Selain suasana tenang, Pantai Batukaras memiliki pasir yang landai dan air laut yang cenderung tenang. Anda dapat menikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi sambil menikmati hidangan di restoran yang tersedia. Tunggulah sampai sunset turun, karena pemandangan itu akan terlihat makin sempurna.

Pantai ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas, seperti hotel, masjid, toko suvenir. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, seperti berenang, menikmati sunset, hingga berselancar.

5. Benteng Pendem, Cilacap, Jawa Tengah
 
Di Cilacap, Jawa Tengah, ada Benteng Pendem yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi berwisata. Jika wisata sejarah dinilai terlalu membosankan, seperti hal tersebut tidak akan terasa di benteng peninggalan Belanda ini. Situs sejarah yang berdiri sejak tahun 1877 ini terlihat masih sangat terwat.

Terlihat dari namannya, benteng ini berada agak masuk ke dalam tanah sedalam 3 meter, terlihat seperti bunker dan tidak terlihat dari laut. Sebagai benteng, situs ini dibangun cukup lengkap dengan kamar sebanyak 60 buah, gudang amunisi, dapur, hingga ruang medis. Di selatan benteng terdapat sebuah makam kuno dengan pohon besar di sampingnya.

6. Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah
 
Lokawisata Baturaden adalah sebuah taman rekreasi yang dilengkapi kolam renang lengkap dengan wahana-wahananya. Di dalamnya terdapat juga taman bermain dengan komidi putar klasik. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan piknik di hamparan rumput nan hijau serta bermain ditemani sejuknya angin.

Untuk akomodasi, Baturaden punya lebih dari 70 hotel yang bisa dipilih sesuka hati. Ingin lebih dekat dengan alam? Tersedia Bumi Perkemahan Kaloka Widya Mandala yang jadi lokasi pas untuk kemping bersama keluarga.

7. Pantai-pantai di Gunungkidul, Yogyakarta
 Pantai Krakal, salah satu Pantai di Gunungkidul

Siapa yang tidak kenal Gunungkidul, kawasan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki banyak sekali destinasi wisata. Bagi Anda yang mudik di Jawa Tengah, sayang bila tidak mampir ke sini.

Berada di paling selatan Yogyakarta, Gunungkidul memiliki setidaknya 10 pantai yang indah. Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Wediombo, dan masih banyak lagi pantai lainnya. Masing-masing pantai memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pasir landai, penuh dengan batu karang, pantai untuk berselancar hingga lokasi paling asyik untuk menyaksikan sunset.

8. Pantai-pantai di Pacitan, Jawa Timur
 Pantai Klayar 
 
Lebih ke timur sedikit, ada Pacitan yang kaya akan pantai berombak besar. Kebanyakan pantai di sini adalah lokasi yang cocok untuk belajar surfing, seperti Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Pantai Sidomulyo, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan pantai di Gunungkidul, pantai-pantai di Pacitan juga memiliki pesona yang berbeda-beda di setiap lokasinya. Ada yang berkarang besar dan ada juga yang berpasir landai. Akan tetapi, bisa dipastikan bahwa pantai di sini memiliki ombak yang dahsyat!

9. Kebun Apel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur
 
Lelah dengan perjalanan mudik, itu artinya Anda harus mampir ke Kebun Apel Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Jawa Timur. Berada di Jalan Abdul Gani Atas, hanya sekitar 2,5 km dari pusat Kota Batu. Di kawasan yang sejuk ini Anda bisa berkeliling kebun apel yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl.

Dari situs resminya yang dikunjungi detikTravel, Kamis (2/8), Kusuma Agrowisata memiliki 5 paket wisata apel. Paket-paket tersebut memiliki fasilitas yang dan harga yang berbeda-beda. Paket paling murah di sini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 32.000. Sedangkan yang paling mahal adalah sekitar Rp 54.000.

Paket wisata tersebut sudah termasuk tiket masuk kebun, memetik apel, dan aneka makanan serta minuman. Akan tetapi, Anda harus membayar Rp 10.000 per orang untuk bisa menikmati suasana perkebunan menggunakan mobil wisata. Perkebunan apel ini sudah bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.



No comments:

Post a Comment