10 Negara dengan Penetrasi WiFi Tertinggi di Dunia

Koneksi internet nirkabel via WiFi semakin populer. Banyak rumah tangga sudah menginstall WiFi di rumahnya untuk akses internet yang mudah dan cepat.

Menurut riset Strategy Analytics, pada akhir tahun 2011 sebanyak 439 juta rumah tangga di seluruh dunia memakai jaringan WiFi. Pada penghujung tahun 2016, angka tersebut akan bertambah menjadi 800 juta.

Strategy Analytics juga meneliti negara-negara dengan penetrasi WiFi terluas di dunia. Bisa ditebak, yang masuk di dalam daftar papan atas adalah negara-negara yang sudah tergolong maju.

Berikut 10 besar negara di dunia dengan penetrasi WiFi di rumah tangga paling tinggi.

10. Australia

Penetrasi Wi Fi di negara tetangga Indonesia itu sebesar 53,8%. Memang Australia termasuk salah satu negara maju di dunia dengan pendapatan per kapita sangat tinggi sehingga banyak penduduknya melengkapi rumah dengan perangkat Wi Fi.

9. Spanyol

Dengan penetrasi Wi Fi di rumah tangga sebesar 57,1%, Spanyol menduduki posisi ke-9. Meski saat ini sedang terkena krisis ekonomi yang dampaknya lumayan parah sehingga angka pengangguran tinggi, Spanyol masih tetap berstatus negara maju di Eropa.

8. Amerika Serikat

Penetrasi WiFi di rumah tangga negeri Paman Sam ini mencapai 61% dan harus puas di posisi ke-8. AS memang dikenal sebagai negara dengan adopsi teknologi yang sudah merata.

7. Italia

Negara yang dikenal dengan khasanah kuliner yang mendunia seperti pizza ini berhasil nangkring di posisi 7 dengan tingkat penetrasi 61,8%. Italia tentu saja termasuk negara maju dan bergabung dalam kelompok elite G8.

6. Canada

Negara tetangga Amerika Serikat tersebut penetrasi WiFi-nya mencapai 67,8%. Negara ini cukup kental dengan tradisi teknologi. Vendor terkenal dari sana antara lain adalah Research in Motion yang memproduksi BlackBerry.

5. Jepang

Negara Sakura nangkring di tempat kelima dengan penetrasi WiFi sebesar 68,4%. Untuk soal internet broadband pun, Jepang juga mencatat prestasi dengan kecepatan rata-rata 8,9 Mbps menurut riset Akamai.

4. Prancis

Prancis yang dikenal sebagai negara fashion ini menduduki posisi 4, termasuk jajaran elit di wilayah Eropa. Penetrasi Wi Fi sebesar 71,6%.

3. Jerman

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, kemajuan teknologi amat terasa di Jerman. Adopsi WiFi oleh rumah tangga di negara Eropa Barat sudah mencapai 71,7%.

2. Inggris

Inggris memimpin Eropa untuk soal adopsi WiFi tertinggi di segmen rumah tangga. Penetrasi internet nirkabel di negara kerajaan yang sedang menyelenggarakan olimpiade ini mencapai 73,3%.

1. Korea Selatan

Korea Selatan memang dikenal sangat maju untuk urusan koneksi internet. Tidak hanya berulangkali dinobatkan sebagai negara dengan kecepatan akses internet broadband tertinggi sejagat, Negeri Ginseng ini juga punya penetrasi WiFi terbesar di dunia. Yakni 80,3%.




No comments:

Post a Comment