10 Bandara Paling Ramah untuk Turis Muslim

Bagi umat Muslim yang melakukan traveling, sebuah bandara yang bisa menjawab kebutuhan mereka untuk beribadah, amatlah penting. Inilah 10 bandara di dunia yang dinilai paling ramah untuk turis Muslim.

Bandara kini menjadi salah satu tempat penting bagi para traveler, terutama yang akan bepergian jauh. Bahkan, tak sedikit yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Bandara.

Menyadari banyaknya kebutuhan yang diperlukan pegunjung, pihak pengelola bandara berlomba-lomba menyediakan berbagai fasilitas untuk membuat nyaman calon penumpang. Tak terkecuali tempat makan halal dan ruang ibadah seperti musala bagi umat Muslim.

Melihat hal itu, Crescent Rating, sebuah situs traveling untuk Muslim, pun mengeluarkan peringkat 10 besar bandara yang termasuk dalam 57 negara OKI (Organisasi Kerjasama Islam), dengan fasilitas terbaik dan nyaman untuk umat Muslim. Inilah ke-10 peringkat bandara ramah untuk pelancong Muslim, seperti yang ditulis situs Crescent Rating saat dikunjungi detikTravel, Jumat (3/8/2012)

1. Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia

Di peringkat pertama ada Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Bandara milik negara tetanga ini berhasil menduduki peringkat pertama karena memiliki 3 ruang doa khusus lengkap dengan ruang wudhu. Tidak hanya itu, bandara ini juga memiliki ruang untuk menyepi yang terpisah. Jadi wisatawan bisa berdoa dengan khusyuk di tempat ini.

2. Bandara Internasional Dubai, UEA

Turun ke peringkat kedua, ada Bandara Internasional Dubai, di Uni Emirate Arab (UEA). Bandara ini dinilai memiliki fasilitas yang lengkap untuk turis Muslim, seperti lounge khusus untuk perempuan dan anak. Ruang ibadah juga tersedia secara terpisah untuk pria dan wanita, lengkap dengan tempat wudhu.

Tidak perlu kuatir soal tempat makan. Restoran yang ada di Bandara Internasional Dubai dijamin menyajikan aneka makanan halal. Jadi traveler Muslim tidak perlu ragu jika ingin menyantap aneka makanan lezat di sana.

3. Bandara Internasional Istanbul Ataturk, Turki

Posisi ketiga diduduki Bandara Internasional Istanbul Ataturk di Turki. Ini adalah bandara tersibuk nomer 14 di dunia. Jadi, tidak mengherankan jika Anda bisa menemukan banyak tempat makan halal dan musala di bandara ini.

4. Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi

Menyusul Bandara Internasional Istanbul Ataturk, ada Bandara Internasional King Abdulaziz di Arab Saudi yang menduduki peringkat keempat. Bandara seluas 15 Km2 ini memiliki terminal khusus untuk para jamaah haji, dan mampu menampung hingga 80.000 orang penumpang secara bersamaan.

5. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Indonesia

Dalam situsnya, Crescent Rating mengatakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Indonesia layak mendapat peringkat kelima karena memenuhi seluruh kebutuhan wisatawan Muslim. Bandara yang mengambil nama Proklamator Indonesia ini, memiliki banyak tempat makan yang tentunya halal.

Selain itu, bandara internasional kebanggaan Indonesia ini memiliki banyak musala yang melayani jamaah pria dan wanita. Tempat wudhu yang berada tepat di sebelah ruang salat juga menjadi nilai lebih dari fasilitas bandara.

6. Bandara Internasional King Khaled, Riyadh, Arab Saudi

Kalau posisi lima sudah ditempati Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Internasional King Khaled di Arab Saudi menyusul di peringkat ke-6. Di sini Anda bisa menemukan masjid besar yang nyaman dan bisa menampung hingga 5.000 orang jamaah di dalam, dan 5.000 jamaah di luar.

7. Bandara Internasional Abu Dhabi, UEA

Setelah Bandara Internasional Dubai di UEA, kini giliran Bandara Internasional Abu Dhabi yang mendapat peringkat. Bandara ini berada di posisi ke-7 karena dianggap sebagai salah satu bandara yang paling cepat berkembang di dunia.

Bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas menarik seperti hotel dan spa. Tidak hanya itu, untuk ruang salat, Bandara Internasional Abu Dhabi memisahkan antara jamaah wanita dan pria. Musala ini juga bisa digunakan untuk mereka yang berkebatasan dan harus mengenakan kursi roda.

8. Bandara Internasional Cairo, Mesir

Posisi kedelapan diduduki Bandara Internasional Kairo di Mesir. Bandara ini dianggap baik karena memiliki fasilitas lengkap seperti pusat perbelanjaan, hotel, bank hingga agen pariwisata. Lengkap!

9. Bandara Internasional Benazir Bhutto, Islamabad, Pakistan

Bandara Internasional Benazir Bhutto di Pakistan menduduki peringkat 2 terbawah. Sama dengan yang lain, bandara ini juga memiliki banyak fasilitas hiburan seperti tempat belanja dan hotel. Yang membuatnya masuk dalam peringkat 10 besar adalah karena tempat makan halal dan musala telah diberi tanda pengenal dengan baik. Jadi umat Muslim tidak perlu repot-repot mencari tahu.

10. Bandara Beirut-Rafic Hariri, Libanon

Nah, posisi terakhir diduduki Bandara Beirut-Rafic Hariri di Libanon. Di bandara ini, ruang salat umat Muslim dipenuhi dengan Al Quran dengan petunjuk arah kiblat yang jelas.



No comments:

Post a Comment