Yuk, Kita Intip Pabrik Pembuatan Proton


Nama Proton di Indonesia tentu akrab di telinga. Ya, ini adalah sebuah merek mobil asal negeri Jiran, Malaysia. Di dapur Proton, pembuatan mobil ternyata telah berlangsung dengan teknologi canggih, perlengkapan robotik sudah mereka gunakan.

Untuk membuktikannya, detikOto pun berkesempatan untuk menjelajahi lebih jauh bagaimana kerja pabrik Proton.

Penjelajahan pertama detikOto adalah ke markas besar mereka yang berada di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Di markas Proton ini terdapat kawasan pusat riset dan pengembangan Proton.

Di tempat inilah tim peneliti Proton mulai meriset mobil mereka. Pejabat Proton mengatakan kalau Proton lahir sejak tahun 1983 yang ketika mereka menggunakan mobil-mobil Mitsubishi sebagai platform pembuatan mobil mereka.

Namun sejak era 2000-an, Proton mengatakan kalau mereka sudah bisa membuat mobil sendiri dari mulai sketsa, prototipe hingga memproduksi massal. Dan di sinilah semua inovasi Proton lahir ke dunia.

Di Shah Alam, Proton mengatur strategi mereka dan di tempat yang memiliki luas kawasan 250 are pula Proton juga mengisinya dengan 'Gallery Proton' yang menunjukkan inovasi-inovasi Proton sejak pertama mereka lahir hingga platform mobil hybrid masa depan mereka.

Di sana juga ada sederetan mobil Lotus yang merek ini memang sudah mereka miliki sejak tahun 1996.

Tidak hanya R&D saja yang ada di markas Proton di Shah Alam. Di tempat ini, Proton juga merupakan tempat Proton melahirkan mobil-mobil seperti Saga dan Exora. Dalam setahun, pabrik Proton di Shah Alam mampu memproduksi 210 ribu mobil.

Sebuah lintasan pengetesan (test track) juga disediakan. Lintasan pengetesan ini dibangun sejak 1996 dengan lintasan berbentuk oval sepanjang 1,8 km. Di tiap ujungnya lintasan memiliki kemiringan 42 derajat.

Beruntung kami berkesempatan untuk merasakan ketangguhan Proton Exora Bold, Preve MT dan Preve CFE yang dilengkapi turbo di tempat ini.

Hanya sampai disitu? Ternyata tidak. Sebab, kami pun lalu menjelajahi pabrik Proton lain yang berada di Tanjung Malim, Perak yang berjarak 81 km dari Kuala Lumpur.

Di tempat ini proses stamping, body assembly hingga painting untuk mobil-mobil Proton seperti Persona, Gen2 dan sedan anyar mereka, Preve dilakukan.

Fasilitas produksi milik Proton ini pun memiliki luas yang sangat luas yakni mencapai 1.280 are.

Saking luasnya, di kawasan tersebut Proton juga akan menempatkan 'vendor park' yang akan menjadi pusat vendor-vendor komponen mereka, universitas, town center hingga pusat rekreasi dan perumahan untuk menemani pabrik mereka yang memiliki kapasitas 150 ribu mobil per tahunnya atau 1 mobil tiap kurang dari 2 menit.

"Di tempat ini lahir 37 mobil tiap jam," kata Director Group Manufacturing Proton Holding Berhad Azmi Bin Idris di Tanjung Malim.



No comments:

Post a Comment