Plus-Minus Dari Diet


Menurunkan berat badan yang berlebih dengan cara diet sehat memang bermanfaat bagi tubuh. Namun manfaat tersebut bisa jadi bumerang bila diet yang dilakukan terlampau ekstrem.

Diet pada dasarnya mengatur pola makan sehat, namun banyak yang salah mengartikan menjadi mengurangi porsi atau waktu makan. Bahkan ada yang gila-gilaan melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Karena persepsi yang salah, diet pun memiliki sisi positif dan negatif.

Berikut plus dan minus yang bisa didapatkan dari diet.


Plus 1: Berat badan turun dan penampilan menarik


Bila dilakukan dengan benar dan diimbangi dengan olahraga, menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan yang sehat adalah cara efektif untuk mendapatkan penampilan yang ideal dan menarik.

Caranya bisa dengan mengurangi porsi karbohidrat, lemak dan garam, serta memperbanyak serat dari sayur dan buah.


Plus 2: Tubuh lebih sehat dan buga

Selain memiliki berat badan yang ideal, pola makan yang sehat juga dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar. Orang dengan berat badan ideal pun cenderung lebih aktif bergerak dan dapat melakukan banyak hal karena badan terasa lebih ringan.

Plus 3: Jauh dari penyakit

Yang paling penting, pola makan sehat dapat menjauhkan tubuh dari segala macam penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kadar lemak tinggi, diabetes, yang kesemuanya bisa berakibat fatal dan mematikan.

Minus 1: Diet ketat bisa bikin susah punya anak


Diet yang terlalu ketat menyebabkan terganggunya asupan nutrisi sehingga tubuh tidak mendapatkan zat gizi yang cukup. Salah satu tanda adanya gangguan kesuburan pada seorang perempuan adalah ketika menstruasinya tidak teratur atau berhenti.

Hal lain yang perlu diketahui adalah efek terganggunya kesuburan ini bisa terjadi seumur hidup. Sekitar 20 persen dari perempuan yang memiliki tubuh sangat kurus tidak lagi mengalami menstruasi meskipun berat badannya sudah kembali normal.


Minus 2: Diet kebablasan bikin tubuh rentan penyakit

Diet ketat dapat menyebabkan kekurangan gizi karena tidak mendapatkan karbohidrat, kalsium, protein dan zat gizi lainnya. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini juga menyebabkan masalah seperti batu empedu, rambut rontok, maag, tifus dan gangguan kesehatan lainnya. Yang paling parah, diet ketat juga bisa membuat Anda mengalami anoreksia.

Minus 3: Diet ketat bikin penuaan dini


Diet ketat dapat menyebabkan efek buruk pada kulit, yaitu penuaan diri. Anda cenderung menjadi cepat tua dan akan melihat tanda-tanda keriput, kulit kendur dan garis halus.

Hal ini terjadi karena pola makan yang ekstrem sehingga tubuh tidak akan mendapatkan gizi yang diperlukan. Dengan Anda mengurangi makan dengan tiba-tiba, tubuh kehilangan mineral penting, protein dan vitamin yang diperlukan oleh kulit.


Jadi, sekarang pertimbangkan lagi untuk melakukan diet ketat. Lebih baik jika diet ringan diikuti dengan aktivitas tubuh, bukan cuma tidur doank. Sedikit makan taoi cuma tidur juga gak baik kan!



No comments:

Post a Comment