Microsoft Akan Hapus Gadget Windows Karena Berbahaya

Windows Sidebar & Gadget 

Para pengguna Windows Vista dan Windows 7 pasti sudah cukup akrab dengan komponen Gadget dan Sidebar yang terdapat di kedua sistem operasi tersebut. Namun karena dianggap berbahaya Microsoft pun berusaha menghilangkannya.

Windows Sidebar merupakan panel yang terbentang secara vertikal pada sisi desktop yang berisikan aplikasi mini seperti jam, prakiraan cuaca, berita terbaru, kalender dan sebagainya. Aplikasi ini biasa disebut dengan gadget.

Namun peretas bernama Mickey Shkatov dan Toby Kohlenberg berhasil membuktikan keretanan baik di Sidebar ataupun Gadget. Setelah mengkaji lebih dalam Microsoft akhirnya mengakui hal tersebut.

Celah di dalam Sidebar dan Gadget memungkinkan para peretas untuk menyusupkan skrip jahat ke dalamnnya. Kemudian skrip tersebut akan dijalankan sebagai program untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh.

Seperti dikutip dari situs Microsoft, Kamis (12/7/2012), pengguna disarankan untuk tidak lagi menggunakan Sidebar atau pun Gadget di Windows Vista dan 7. Microsoft pun merilis update untuk menonaktifkan kedua fitur tersebut.

Sidebar dan Gadget memang salah satu fitur yang cukup menarik di Windows, terutama bagi pengguna yang terbiasa menggunakan sebagai pembaca berita, penunjuk waktu, atau pun fungsi lain yang bisa diunduh dengan bebas.

Namun karena berpontensi membahayakan maka kedua komponen tersebut akan dihilangkan di Windows Vista, Windows 7 bahkan Windows 8 yang akan segera meluncur akhir tahun mendatang.


No comments:

Post a Comment