Mengenal Fitur Baru di Honda Civic

 Ilustrasi: Honda Civic

Setelah meluncurkan All New Civic akhir bulan lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan sesi test drive All New Civic dengan rute Jakarta-Sentul-Jakarta, pulang pergi.

10 Mobil All New Civic yang terbagi dari mesin 1.800 cc dan 2.000 cc meluncur dari Hotel Sultan Senayan menuju Sentul International Convention Centre (SICC), Jawa Barat. detikOto sendiri kebagian mengendarai All New Civic 2.000 cc transmisi otomatis.

Sesi test drive kali ini lebih dipusatkan pada fitur terbaru yang tersemat yakni ECON Mode.

Adapun fungsinya untuk mereduksi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Adanya fitur tersebut menandakan PT HPM semakin serius menanggapi konsumsi minyak bumi di Indonesia yang kian berlebihan, karenanya fitur yang juga digunakan pada Honda Odyseey itu tersemat di All New Civic.

All New Civic kini dilengkapi dengan smart key system yang memudahkan pengendara ketika membuka pintu.

Dengan fitur tersebut pengendara cukup simpan kunci di dalam kantung baju atau celana. Fitur yang memudahkan pengendara lainnya adalah one push ignition system (hanya untuk Civic 2.000 cc).

Caranya cukup pijak pedal gas lalu tekan tombol di balik kemudi mesin pun akan menyala.

Seluruh awak media mulai menyalakan fitur ECON Mode dengan menekan tombol di sebalah kanan dashboard. Clik, tanda bunga pun menyala. Kabin penumpang All New Civic 2.000 cc tampak elegan dengan beberapa perubahan yang lumayan merata.

Nah, untuk diketahui fitur ECON mode adalah fitur pintar yang mengedukai pengendara agar bijak menekan pedal gas.

Bisa diketahui ketika lampu biru menyala di speedometer menandakan konsumsi BBM terlalu berlebihan. Yang tepat adalah lampu hijau pada speedometer. Itu baru tepat.

Cara mengantisipasi fitur ini sebenarnya cukup ringkas. Hanya memperhatikan sinyal yang tersedia. Konsep tersebut sesuai dengan tema yang diberikan Honda yakni efisiensi bahan bakar minyak. Dari hotel Sultan ke SICC, konsumsi BBM-nya 12:1.

Di bawah terik matahari, rombongan All New Civic terus melaju menuju Sentul, Jawa Barat. Kabin sedan 5 penumpang tersebut cukup senyap. Kondisi itu menambah kenikmatan berkendara dengan All New Civic.

Tak terasa rombongan sampai di SICC. Tak lama, 10 All New Civic bertolak ke Senayan, Jakarta.

Perjalanan pulang tidak diharuskan memanfaatkan ECON Mode. Pedal gas pun dibejek, alhasil mesin 2.000 cc lumayan responsif.

All New Civic bertenaga 155 Ps pada 6.500 RPM dan torsi maksimal 19,4 kg.m pada 4.300 RPM. Kurang puas, tuas perseneling digeser ke bawah S (5 percepatan manual). Nah, tenaga yang disalurkan ke roda depan semakin terasa. Mesin langsung merespon keinginan detikOto, dan semakin terasa ketika bermain dengan fitur paddle shifter.

Sedan yang memiliki PxLxT (4.5540x1.755x1.435) itu sangat mantap ketika diajak zig-zag. Mobil masih terasa nyaman meski digeber hingga 150 km/jam. Kombinasi pelek 16 inci sepertinya sangat pas. All New Civic ditopang dengan sistem keamanan EPS, VSA, EBD, dan ABS serta EBD dan BA. Sedangkan komponen keselamatan lainnya yakni rangka G-Con + Ace, Srs airbag, neck-shock mitigation dan pedestrian protection bodi structure yang mengurangi cedera untuk pejalan kaki.

Untuk pasar mobil Indonesia, All New Civic disediakan 5 pilihan warna yaitu polished metal metallic, alabaster silver metallic, crystal balck pearl, briliant white pearl dan warna baru carnelian red pearl.

All New Civic 1.800 cc transmisi manual dihargai Rp 341 juta, All New Civic transmisi otomatis Rp 345 juta, dan All New Civic 2.000 transmisi otomatis dibanderol Rp 460 juta.



No comments:

Post a Comment