Mendahului truk dan tingkat kesulitannya

Kalian, baik yang naik sepeda motor atau mobil pasti pernah bertemu dengan sebuah pilihan sulit, bagaimana mendahului sebuah truk besar yang ada di depan kalian. Mungkin hal ini biasa namun Light Nomyus akan menunjukkan bagaimana cara mendahului truk raksasa dan tingkat kesulitannya.tingkat kesulitan mendahului truk dibagi menurut jenis jalan yang dilalui saat mendahului truk itu. Let’s cekidot

Mendahului truk di jalan tol

Kamu pasti tahu kan artinya jalan tol? Jalan tol itu artinya jalan bebas hambatan. Nah, dalam konteks ini kamu apsti tahu bahwa dalam list ini yang paling mudah adalah mendahului truk di jalan tol (kecuali jika jalan tol macet dan kamu terpaksa tidak bias mendahului). Bagaimana caranya?
Gak usah pusing-pusing sih sebenernya. Caranya mudah, langsung aja oindah ke jalur lain. Biasanya di jalan tol ada minimal 2 jalur atau lebih. Ini yang paling mudah.

Tingkat kesulitan: cemen
Level kesulitan: beginner atau pemula

Mendahului truk di jalan raya atau jalan protocol
 Kalo jalannya kayak gini sih gak mungkin bisa mendahului truk kamu
Mendahului truk di jalan raya atau jalan protocol agak sulit, soalnya jalannya rame, dan biasanya banyak aturannya. Misalkan saja, dilarang mendahului dari kiri, banyak tanda dilarang berhenti atau dilarang parkir (padahal semuanya pada dilanggar sih). Bagaimana caranya?
Poin penting adalah liat ke spion kamum dulu, apa di belakang kamu kosong atau tidak. Kemudian, hidupkan lampu sen kamu, kalo mau mendahului dari kiri, hidupin yang kiri. Demikian juga sebaliknya. Oh ya, hamper lupaa. Map, soalnya editor kerja lembur nih, jadi ngantuk. Liat dulu di depan mobil kamu, terutama jika mau mendahului dari kiri. Jangan sampai pas kamu sedang mendahului tiba-tiba ada angkot yang nurunin penumpang. Dulu Light Nomyus juga pernah coba mendahului dari kiri, eh ternyata ada nenek-nenek di jalan. Untung gak ketabrak tuh nenek-nenek. Oke, kita balik lagi ke topic kita. Setelah mendahului, kamu bias melenggang bebas deh!

Tingkat kesulitan: lumayan yah

Level kesulitan: amateur atau amatir

Mendahului truk di jalan desa-desa

Mendahului truk di jalan desa-desa ada mudahnya tapi ada juga sulitnya.
Sulitnya, jalan di desa-desa biasanya sempit, dan kemungkinan tidak muat untuk mendahului truk, apalagi truk-truk yang gede. Keunggulannya, jalan itu biasanya sepi, atau paling gak gak macet atau gak ada angkot ngetem. Kemungkinan tidak ada penghalang berarti bagi kamu untuk mendahului truk. Bagaimana caranya?
Caranya mudah tapi juga sulit, kamu harus rela mobil kamu terperosok ke lur jLn sedikit, soalnya jalannya gak muat. Tapi, mudahnya kamu gak usah tengok depan-belakang, tinggal dahului aja truknya. Ingat, ini penting HATI-HATI JANGAN SAMPAI MOBIL KAMU TERPEROSOK KE SELOKAN DEKET JALAN. Sekali lagi, HATI-HATI.

Tingkat kesulitan: driver pengalaman

Level kesulitan: medium

Mendahului truk di jalan kecil di perkotaan
 Kalo ini kamu gak bakal bisa mendahuluji, soalnya buat mobil kamu aja jalannya gak muat
Kenapa ini menjadi ayng paling sulit? Soalnya ada beberapa factor. Pertama, di perkotaan itu banyak kendaraan, apalagi banyak banget angkot ama metromini dkk. Yang nurunin penumpang sembarangan. Kalo kau mendahului dari kiri, ada kemungkinan kamu bakal nabrak angkot atau metro mini yang lagi ngetem. Ini juga peringatan, JANGAN PERNAH MENDAHULUI DARI KIRI, itukah alas an dibuatnya peraturan itu. Banyak angkot yang ngetem. Kedua, jalan yang sempit seperti didesa. Kemudian, kactor ketiga tidak ada banyak jalur seperti di jalan tol. Jadi, tingkat kesulitannya adalah gabungan dari ketiga list di atas. Coba bayangin bagaimana susahnya? Pasti gak kebayang. Bagimana mendahuluinya? Ada beberapa langkah.
Kamu harus liat depan-belang mobil kamu, jangan liat ke kiri. Kan udah ada peringatan, dilarang mendahului dari kiri. Kemudian, cek trotoar jalan. Kenapa? Karena untuk mendahului truk di jalan sempit kamu terpaksa harus menggunakan sarana trotoar di pinggir jalan, soalnya jalannya gak muat. Nah, jika trotoar sudah kamu cek dan kosong, hidupin lampu sen kanan kamu. Trus, kamu masuki tahap paling berbahaya! Langsung oper ke gigi ke-5 (yang mobil mayic gak usah), belokk ke kanan truk yang mau kamu dahului, dan…..langsung tancap gas sampai truk tadi bias kamu dahului. Setelah berhasil didahuluui, lagnsung belok ke kiri. Jangan di kanan terus, bias-bisa kamu nabrak pedestrian nanti!
Mendebarkan bukan cara yang terakhir tadi

Tingkat kesulitan: driver smart+pengalaman+NEKAT

Level: hell atau neraka

Gimana menurut kamu tingkat kesulitan mendahului truk di atas? Kalo ada cara lain, tolong kasih tau ya
Boleh di-share di comment kok.

No comments:

Post a Comment