Green Roof & Green Wall, Solusi Buat Green City

Sejalan dengan perkembangan teknologi, sebenarnya saat ini telah banyak diciptakan berbagai barang pendukung untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri, dimana metode konvensional seperti penggunaan batu, batu kerikil dan ijuk sudah mulai ditinggalkan, digantikan dengan drainage cell modular dari bahan plastik yang sangat ringan namun kuat. Selain itu, media tanamnya tidak lagi melulu tanah merah yang memiliki banyak kelemahan, tetapi telah banyak dipakai media tanam campuran tanah, pasir, gravel, batu apung dan lain sebagainya, yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan tanah merah saja.
 Ilustrasi: Green City

Green roof sangat efisien digunakan pada kota-kota besar yang mempunyai banyak bangunan dengan kata lain padat bangunnan, sehingga taman-taman untuk peneduh jumlahnya sangat terbatas.
Ini beberapa contoh Green Roof


 Ini ilustrasi/skema dari green roof.

Nah, sekarang kita tengok sedikit tentang Green Wall.  Green wall bisa ounya banyak manfaat. Kenapa? 
Pemanfaatan tanaman hijau pada permukaan bangunan vertikal cukup efektif menurunkan suhu dalam ruangan, juga berfungsi sebagai peredam suara bising dari luar dan dapat mengurangi polusi udara di sekitarnya. Desain rumah yang menyerupai boks persegi dengan “selubung tanam” pada hampir seluruh permukaan sehingga dari kejauhan tampak seperti tirai yang menyelimuti fasada bangunan. Kedua sisi lantai dasarnya dibiarkan terbuka sehingga pemakain kaca transparan tercipta interaksi dengan taman di sekitarnya.

Contoh: 













Wow, keren ya. Semoga Indonesia bisa menirunya. Kita juga bisa membuat konsep yang hampir sama seperti green wall atau green roof pada rumah kita. Rumah sederhana saja bisa menggunakan green roof. Gak percaya, liat nih fotonya.




1 comment:

  1. wuah..sy tertarik dg photo paling bawah dimana rumah atap miringnya ditumbuhin rumput...itu medianya apa ya? kalo ujan gede apa ga larut tanahnya? udah gitu rangka rumahnya mesti diitung bener nih kekuatan nanggung bebanya terutama kalo basah, belon lagi kalo bocor? rempong kayaknya nih?

    ReplyDelete