Cara Mendeteksi Akun Yahoo Voices yang Dibobol


Setidaknya lebih dari 400 ribu username dan password yang ada di layanan Yahoo Voices diumbar oleh hacker, 450 di antaranya adalah akun asal Indonesia.  Lalu bagaimana caranya agar mengetahui akun kita menjadi salah satu korban atau tidak?

Ada banyak cara memang untuk mengetahuinya. Salah satu yang paling mudah adalah dengan mengunjungi situs buatan Sucuri Malware Labs di alamat labs.sucuri.net

Caranya sangat simpel. Anda cukup menaruh nama email Yahoo Anda -- termasuk sebenarnya layanan email yang lain seperti Gmail atau Hotmail -- ke dalam boks yang ada di tengah halaman. Setelah mengklik tombol 'check' yang ada di sebelah kanan, barulah diketahui.

Seperti  yang dikutip dari Mashable, Jumat (13/7/2012). Bila jawaban dari situs tersebut seperti di bawah ini, maka akun Anda dipastikan aman.

Seperti diketahui, perusahaan keamanan Trusted Sec yang pertama kali menemukan kebocoran ini mengatakan bahwa password dan email yang disebarluaskan di Yahoo Voices tersebut memang mudah didapat akibat celah yang terbuka.

Lebih buruk lagi, semua password yang berhasil diretas tersebut tidak dienkripsi dan didapatkan dalam bentuk teks

Yahoo Voices http://voices.yahoo.com sendiri adalah adalah fasilitas yang disediakan oleh Yahoo bagi penulis untuk mengirimkan artikel guna di distribusikan pada situs-situs yang dimiliki oleh Yahoo, termasuk Yahoo News!.

Layanan ini pada awalnya dikenal sebagai Associated Content. Yahoo Voices memungkinkan kontributor baik penulis, fotografer atau videografer membagikan pengetahuannya melalui beragam situs yang dimiliki Yahoo seperti Yahoo! News, Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, omg!, Shine, Voices dan lainnya dengan cakupan pengunjung unik 600 juta setiap bulan.



No comments:

Post a Comment