7 Fitur Canggih Ford Focus


Ford Focus kini lahir dengan wajah baru. Ford pun semakin optimistis dengan Focus, terlebih Ford membekali fitur anyar pada All New Focus.

Ford Focus tersedia dengan 6 model pilihan Ambiente, Trend, Sport/Titanium, Sport+/Titanium+.

Lalu apa saja yang membuat FMI cukup yakin pada All New Focus?

Nah, Ford mengeluarkan 7 pilar yang akan membuat All New Focus bakal populer selain dari aspek mesin 1.600 cc Ti-VCT dan 2.000 cc Ti-VCT. Apa saja fitur tersebut?

1. Active City Stop

Fitur ini membantu mengurangi risiko tabrakan pada kecepatan rendah (30 km/jam). Kerja fitur satu ini menggunakan sensor lidar (Light Detection And Ranging) yang tersemat di bagian atas kaca depan.
Fitur ini bisa memantau kendaraan atau halangan di depan All New Focus hingga sekitar 7,6 meter. Jika ada halangan di depan mesin akan tiba-tiba melambat. Fitur ini tersedia pada model Titanium+ dan Sport+.

2. Active Park Assist

Fitur ini memudahkan untuk parkir pararel secara otomatis. Teknologi ini membantu pengendara dalam parkir paralel. Pengendara tidak perlu takut mobil lecet.
Cara mengaktikfkan fitur satu ini cukup menekan tombol pada panel instrumen yang mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar di antara mobil yang diparkir.
Fitur tersebut bisa bekerja pada ruang sekurangnya 20 persen lebih panjang daripada panjang Focus secara keseluruhan.

"Fitur ini sangat mudah digunakan. Tekan tombol dan biarkan komputer bekerja. Fitur ini bekerja setidaknya 20 persen lebih panjang dari Focus. Dia akan sangat mudah memantau benda yang ada di samping dan depan, belakang kendaraan," kata Driver Assistance Technologies Supervisor Ford Asia and Pasific, Chris Harrigan saat perkenalan teknologi All New Focus di Krabi, Thailand.

3. Blind Spot Information System (BLIS) Ford

Dengan fitur ini All New Focus sangat membantu pengendara ketika memantau kendaraan yang tersembunyi di zona blind spot di sisi kiri dan kanan kendaraan.
Sistem ini mendeteksi kendaraan yang memasuki zona blind spot tertentu, lalu menyalakan lampu indikator LED pada kaca spion di sisi yang sama.

Dengan teknologi tersebut pengendara bisa langsung menghindar atau tetap pada jalur dan tidak berbelok ke kiri dan kanan. Sistem ini mulai beroperasi pada kecepatan di atas 10 km/jam, dan sangat efektif di jalur perkotaan.

4. Smart Keyless Entry

Dengan fitur cerdas ini saat mengunci atau membuka pintu pengendara tak perlu mengeluarkan kunci dari tas atau saku.
Slekk, pintu akan terbuka sendiri begitu pengendara mendekati All New Focus.

5. Ford Power Start

Seperti mobil mewah lainnya, fitur satu ini kini tersemat di All New Focus.
Mesin dapat dinyalakan hanya dengan menekan tombol Ford Power Start sambil menginjak pedal rem. Tidak perlu mencolokkan kunci lagi.

6. Ford SYNC Microsoft

Fitur tersebut mirip dengan fitur voice command pada Fiesta, namun bedanya Ford SYNC Microsoft lebih canggih.
Selain melakukan dan menerima panggilan telepon, SYNC bahkan dapat mengambil pesan teks dan membacakannya, dan mampu membaca pesan singkatan populer dan emotikon seperti LOL (laugh out loud/tertawa terbahak-bahak) dan :-D (senyum lebar) saat terkoneksi dengan telepon yang kompatibel.
Dengan menggunakan aktivasi suara, pengendara juga dapat mengirimkan balasan dari daftar 15 tanggapan yang telah ditentukan sambil berkendara. Teknologi ini tersedia dengan 19 bahasa.

7. Penutup kisi-kisi bumper

Ford tahu benar dengan apa yang mereka lakukan pada All New Focus.
Ford menanamkan penutup kisi-kisi aktif yang bisa meningkatkan aerodinamika pada kecepatan tinggi.
Fitur tersebut akan menutup secara otomatis pada kecepatan tertentu. Fungsinya selain memaksimalkan aerodinamika, fitur ini sekaligus mengurangi suhu di bawah kap mesin pada kecepatan rendah.


No comments:

Post a Comment