6 Gedung Spektakuler di Dunia


Imajinasi dan kreativitas tak mengenal batas. Pembuatan karya-karya spektakuler dan menakjubkan pun tak pernah berhenti. Seperti yang terlihat pada gedung-gedung pencakar langit yang berasitektur inovatif dan bernilai fantastis ini.

Mulai dari gedung tertinggi di dunia yang tingginya lebih dari 800 meter hingga hotel mewah yang dibangun di danau. Serta gedung megah yang bisa berubah-ubah warna tampilan luarnya sebanyak 10 kali per hari berdasarkan posisi matahari. Wow!

Berikut 6 gedung spektakuler di dunia yang mengundang decak kagum tersebut.

1. Burj Khalifa
 
Burj khalifa yang berarti "Menara Khalifa" merupakan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 829,84 meter (2.723 kaki). Berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab, pencakar langit ini dibangun sejak tahun 2004 dan diresmikan pada 4 Januari 2010. Dana sebesar US$ 1,5 miliar (sekitar Rp 14 triliun) dihabiskan untuk membangun gedung spektakuler ini.

2. Markas besar Gazprom
 
Berlokasi di St. Petersburg, Rusia, markas besar Gazprom ini merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia. Uniknya, gedung kaca ini dirancang untuk berubah-ubah warna tampilan luarnya sebanyak 10 kali per hari berdasarkan posisi matahari.

Gedung setinggi 300 meter yang dibangun pada tahun 1993 ini sangat populer di Rusia. Gazprom merupakan perusahaan eksplorasi gas alam terbesar di dunia. 

3. Songjiang Hotel
 
Hotel mewah yang dibangun di danau yang berlokasi di distrik Songjiang, Shanghai, China ini telah memenangkan berbagai penghargaan kompetisi desain internasional. Desain arsitektur yang menakjubkan dari hotel bintang lima yang selesai dibangun pada Mei 2009 ini, telah menarik perhatian banyak orang dari seluruh dunia. Kawasan ini awalnya adalah danau bekas penambangan yang sudah tidak digunakan. Hotel unik ini memiliki 400 kamar dan ruang konferensi yang mampu menampung 1000 orang. Dilengkapi pula dengan restoran, fasilitas olahraga dan ruang publik yang berada di bawah permukaan air.

4. Aqua Tower
 
Pencakar langit setinggi 262 meter yang memiliki 86 lantai ini dirancang oleh arsitek wanita bernama Jeanne Gang. Gedung berdesain inovatif yang berlokasi di pusat kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat ini merupakan gedung tertinggi yang dirancang seorang wanita di dunia. Menara Aqua yang dibangun pada 2007-2009 ini memiliki tampilan luar seperti ombak.

5. Kantor pusat CCTV
 
Kantor pusat televisi nasional China, China Central Television (CCTV) ini berketinggian 234 meter dan memiliki 44 lantai. Pencakar langit yang berlokasi di Beijing, China ini mulai dibangun pada Juni 2004 dan rampung pada Januari 2008. Gedung berbentuk radikal ini berlokasi di zona seismik, sehingga pembangunannya memiliki tantangan nyata. Kantor CCTV mempekerjakan sekitar 10.000 orang dan memungkinkan televisi China menyiarkan 200 saluran. Pembangunan gedung ini menelan biaya US$ 1,2 miliar (sekitar Rp 11,2 triliun).

6. Rumah kediaman Antilia
 
Kediaman pribadi milyader asal India, Mukesh Ambani ini berlokasi di Altamont Road, Cumballa Hill, Mumbai Selatan, India. Rumah yang dikenal sebagai "Taj Mahal abad-21" ini dibagun di atas tanah seluas 4.532 meter persegi.
Rumah super mewah ini disebut-sebut sebagai rumah paling mahal di dunia. Harganya ditaksir mencapai sekitar US$ 1 miliar (sekitar Rp 9,3 triliun). Ruang parkirnya bahkan mampu menampung 168 mobil.
Rumah fantastis ini dilengkapi dengan 9 lift di lobi serta memiliki landasan helikopter, pusat kesehatan, spa, yoga dan teater serta beberapa kolam renang. Ada pula taman gantung di tiga lantai dan ballroom yang super mewah. Sebanyak 600 orang staf direkrut untuk perawatan dan pemeliharaan rumah megah ini.

No comments:

Post a Comment