5 Raksasa Teknologi yang Berawal dari Garasi

Ternyata cukup banyak perusahaan raksasa yang kisah suksesnya berawal dari garasi yang sederhana. Tidak terkecuali perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi.

Para pendiri perusahaan tersebut memang punya tekad yang kuat dan tidak kenal malu. Sehingga dari awal yang sederhana akhirnya menjadi perusahaan besar yang kaya raya.

Berikut beberapa perusahana teknologi besar yang berawal dari garasi.


1. Amazon


Jeff Bezos merintis toko online Amazon pada tahun 1994. Saat itu, Amazon hanya fokus berjualan buku di internet. Bezos mengoperasikan Amazon dari garasi rumahnya yang berlokasi di Bellevue, Washington.

Ada alasan tersendiri mengapa Bezos menamakan perusahaannya dengan sebutan Amazon. Salah satunya karena Amazon adalah sungai eksotik yang disebut-sebut terbesar di dunia, dan Bezos pun berharap perusahannya juga mencapai hal yang sama di bidang e-commerce.

Jerih payah dan optimisme Bezos membuahkan hasil gemilang. Saat ini, Amazon.com adalah retail online terbesar di dunia dengan pendapatan puluhan miliar dolar.

2. Apple



Apple saat ini adalah salah satu perusahaan teknologi paling bernilai di dunia. Siapa sangka semua kesuksesan itu berawal dari garasi milik Steve Jobs. Ya, pada tahun 1976, Jobs bersama teman karibnya Steve Wozniak merintis Apple di garasi rumah Jobs. Keduanya kala itu masih berusia 21 tahun dan 26 tahun.

Jobs dan Wozniak bersama tim kecilnya membuat dan menjual komputer Apple 1 di garasi yang berlokasi di Cupertino, California tersebut. Kala itu, harga tiap unit Apple 1 mencapai USD 500.

Kini, Apple telah menjelma menjadi perusahaan dengan keuntungan melimpah. Markas baru mereka akan segera dibangun yang bentuknya spektakuler, mirip-mirip dengan kapal luar angkasa.
 
3. Google



Google saat dilahirkan dahulu dioperasikan pertama kali dari garasi rumah Susan Wojcicki yang berlokasi di Menlo Park, California. Pada bulan September 1998, Susan menyewakan garasinya pada Sergey Brin dan Larry Page, duet pendiri Google.

Masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Stanford, Page dan Brin memang belum bisa menyewa kantor yang layak untuk Google. Sehingga mereka menyewa garasi milik Susan senilai USD 1.700 per bulan.

Kini, Google menjelma menjadi perusahaan mesin cari internet terbesar di dunia. Larry Page dan Sergey Brin punya kekayaan melimpah ruah. Bagaimana dengan Susan? Ia diberi jabatan Vice President Google.
 
4. Hewlett Packard (hp)


Pada tahun 1939, Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan perusahaan bernama Hewlett-Packard. Perusahaan itu bertempat di garasi milik Packard di Palo Alto, California dan punya modal pertama sebesar USD 538.

Produk pertama mereka disebut sebagai audio oscillator. Kini, HP adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di jagat dengan produk beragam, dari komputer, printer sampai produk enterprise.

Garasi tempat kelahiran Packard pun punya arti tersendiri dalam sejarah perusahaan teknologi Amerika Serikat. Tempat ini disebut-sebut sebagai cikal bakal Silicon Valley, pusat perusahaan teknologi di Negeri Paman Sam.

5. Microsoft



Permulaan Microsoft yang saat ini adalah salah satu perusahaan software terbesar di dunia juga dari garasi. Garasi di rumah Bill Gates menjadi tempat pengembangan awal software yang menjadi cikal bakal Windows. Kala itu, Bill Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Saat ini, Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer terpopuler di dunia. Bill Gates yang drop out dari Harvard University kerap dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di planet bumi.

Allen sendiri telah pensiun dari dewan direksi Microsoft pada tahun 2000. Sedangkan Gates saat ini lebih fokus pada urusan kemanusiaan meski masih tercatat sebagai chairman Microsoft.


No comments:

Post a Comment