KESALAHAN YANG SERING DIUCAPKAN ORANG TUA

Kesalahan yang sering diucapkan orang tua itu maksudnya barang atau makanan yang disebutkan, tapi mereka manyebut dengan mereknya, bukan nama bendanya. Maksudnya orang tua di sini adalah kakek-nenek.  Biasanya kebanyakan sih orang Jawa, (termasuk kakek-nenek saya dulu). Masih bingung? Lihat aja contoh di bawah ini.

Sepeda motor
Apa maksudnya speda motor? Kenapa kok salah? Sabar. Begini, kalo kakek-nenek biasanya menyebut nama “HONDA”, bukan Sepeda motor. Saya juga sering bingung. Jadi, kebanyakan orang tua ini menyebut nama “Honda”, padahal Honda itu sendiri adalah salah satu merk dari sepeda motor. Contoh kalimat: “Le, hondamu kae neng ngendi?” artinya”dek, hondamu di mana?” padahal yang benar kan “dek, sepeda motormu di mana?” saya lebih bingung lagi. Soalnya di RT saya kebanyakan orangnya pada pake sepeda motor merk Yamaha, bukannya merk Honda. Tapi mereka tetep tuh nyebut Honda, padahal jelas tertampang merk motor Yamaha di sepeda motornya.

Mie Instan
Kalian tahu mie instan kan? Kalo gak tahu berarti kamu gak modern. Secara sih, mie instan sudah sangat akrab di masyarakat.
Kesalahan : orang tua biasanya menamai mie instan dengan nama Sarimi. Contoh: “jo, gek dimasak sarimine!” artinya”jo, ayo sariminya dimasak!”. Aneh lagi, karena sekarang sangat banyak(bahkan hamper semua) yang menggunakan mie instan bermerk Mie Sedap dan Indomie. Tapi mereka tetep tuh nyebut sarimi, padahal jelas tertampang merk Indomie di bungkus mie instantnya.

Kenapa bisa?
Itu pertanyaannya. Kenapa bisa seperti itu?

Jawaban
Saya sudah mempunyai beberapa hipotesa, tapi yang menurut saya paling masuk akal adalah hipotesa ini. Orang tua bisa menamai benda menurut merknya karena merk itu adalah merk pertama yang masuk ke daerah itu. Maksudnya, merk itu adalah merk pertama yang dikenal oleh mereka. Contohnya lihat aja merk sepeda motor Honda. Kalo gak salah, dulu merk sepeda motor yang masuk ke Indonesia pertama kali adalah merk Honda. Hipotesa kedua yang paling masuk akal adalah, merk itu yang pertama kali nampang di iklan televisi, atau paling gak punya nama/brand terkenal di masyarakat. Pompa yang pertama kali punya nama di masyarakat dulu kan sanyo.
Sebenernya masih banyak benda lain yang sering dinamai menurut merknya oleh para orang tua kebanyakan, tapi karena terlalu banyak maka saya hanya menjelaskan dua di antaranya. Yang lainnya masih ada, contohnya:
Pompa air dinamai menurut merk Sanyo
Carilah contoh yang lainnya (terutama bagi yang punya bapak/ibu orang jawa), kalo ada bisa ditulis di commentnya kok!

No comments:

Post a Comment